Cara Menentukan Masa Subur Setelah Haid

Cara Menentukan Masa Subur Setelah HaidMasa subur wanita adalah masa ovulasi, yakni adalah suatu periode dimana sel telur wanita dilepaskan dari indung telur. Dan pada masa ovulasi ini biasanya seorang wanita dianggap sedang dalam keadaan subur atau juga mempunyai peluang besar untuk terjadinya suatu pembuahan pertemuan antara sel telur dengan sel sperma. Dan dalam waktu yang terbaik untuk hamil. Disaat memasuki masa ovulasi, maka banyak perubahan yang akan terjadi pada tubuh wanita. Dan perubahan tersebut bisa dilihat dari banyaknya hal, dimulai dari perubahan pada suhu tubuh hingga tingkat kekentalan lendir pada daerah kemaluan, yang kemudian bisa dikatan sebagai tanda-tanda seorang wanita sedang dalam keadaan masa subur.

Cara Menentukan Masa Subur Setelah Haid

Cara Menentukan Masa Subur Setelah Haid

Syarat Kesuburan

Syarat-syarat tadi kesuburan adalah :

  1. Ovulasi yang terjadi dengan memuaskan
  2. Sakuran pada telur yang sehat sehingga bisa memungkinkan pada perjalan sel-sel sperma untuk bertemu dengan sel telur.
  3. Selaput dinding rahim yang sehat pada proses implantasi
  4. Fungsi dari leher rahim yang lebih memadai dalam menghasilkan lendir untuk bisa melancarkan sistem perjalanan dari sel-sel sperma sehat sampai mencapai ke sel telur.
  5. Keharmonisan dari hubungan suami istri yang akan menunjang terjadinya pembuahan.

Cara Menentukan Masa Subur setelah Haid

Lalu bagaimana cara menentukan masa subur setelah haid? Cara menentukan masa subur setelah haid adalah :

Deteksi suhu basal
Cara menentukan masa subur setelah haid menggunakan metode ini adalah menggunakan alat termometer suhu. Pada peningkatan suhu yang terjadi maka menunjukkan adanya ovulasi. Dan peningkatan suhu yang terjadi menetap selama kurang lebih 3 hari berarti mengindikasikan 48 setelah ovulasi dan bisa menandakan dimulainya dari masa tidak subur setelah ovulasi. Namun umumnya, menjelang ovulasi, suhu tubuh akan mengalami peningkatan yang bsia mencapai 0.5 serajat celcius. Dan cara yang dilakukan dalam menggunakan indikator ini adalah :

  1. Suhu yang diukur segera setelah bangun tidur dan juga sebelum Anda bangun dari tempat tidur serta melakukan aktivitas.
  2. Suhu yang diukur biasanya adalah lewat mulut, vagina dan juga lewat anus
  3. Graik yang dibuat dengan cara menggambarkan hasil dari pembacaan suhu dengan sebuah titik yang ada pada lokasi yang sesuai. Dan titik0titik ini kemudian akan dihubungkan agar bisa membentuk suatu grafik. Dan jika terjadi kelupaan dalam pengukuran,maka titik tersebut jangan disambung. Penggunaan termometer manusal adalah jika air raksa berhenti diantara dua angka, dan angka yang paling rendah adalah angka yang dicatat. Termoeter digital hanya mencatat pada satu angka desimal saja.
  4. Selain itu segala sesuai yang biasanya terjadi tidak biasa seperti demam, tidur larut, atau juga kondisi dalam keadaan stress sebaiknya juga dicatat.

Deteksi lendir leher rahim
Cara menentukan masa subur setelah haid bisa dilakukan juga dengan deteksi lendir leher rahim. Lendir leher rahim yang bisa melindungi sel-sel pada sperma sehingga sperma akan bsia mempertahankan daya pembuahan 3-5 hari, dan hanya jika ada lendir. Perubahan dari lendir serviks ini akan bisa diamati lewat vulva dan juga dicatat dalam setiap harinya. Lendir serviks ini juga bisa dikenali dengan adanya rasa atau sensasi, penampakan, serta tes dengan menggunakan jari tangan. Beberapa hal tersebut adalah :

  1. Sensasi
    Ada ataujuga tidaknya lendir yang dikenali dengan adanya sensasi di daerah vulva. Dan sensasi yang kemungkinan merupakan salah satu rasa yang jelas tentang kering, lembab, atau juga lengket, basah, serta licin atau juga lubrikasi.
  2. Penampakan
    Dengan melihat penampakan yang ada diatas kertas putih lembut dan diusapkan pada vagina. Tisu yang basah tadi jika memang ada lendir serviks, maka lendir akan terlihat menggimpal pada tisu. Dan warna dari lendir kemudian akan dicatat, kemungkinan putih, krem, buram atau juga transparan. Dan lendir biasanya sering terlihat juga di celana dalam, dalam keadaan yang kering sehingga karakteristik yang juga akan berubah.
  3. Tes jari
    Tes yang dilakukan sebagai salah satu cara menentukan masa subur setelah haid dengan mengambil lendir tadi menggunakan ujung jari telunjuk dan juga ibu jari. Dan secara perlahan, jari telunjuk tadi ditarik, untuk bisa melihat elastisitas lendir. Dan elastis ini dikenal dengan istilah efek spin dan juga menunjukkan bahwa lendir dalam keadaan subur.

Pemeriksaan lewat air seni
Untuk cara menentukan masa subur setelah haid dengan melakukan pemeriksaan ini adalah dengan menggunakan alat pengukuran kesuburan, dan bentuknya yang hampir mirip dengan alat pengukuran kehamilan. Alat ini juga cukup akurat untuk bisa menentukan masa subur. Yakni adalah dengan cara melihat kadar Lh sebagai salah satu tanda akan terjadi proses ovulasi dalam waktu 24-36 jam.

Kalender Menstruasi
Cara ini dilakukan dengan bergantung pada siklus haid :

  1. Pada siklus menstruasi yang ideal yakni adalah 28 hari pada masa subur adalah 14 hari sebelum menjelang menstruasi yang selanjutnya.
  2. Untuk siklus haid yang tidak ideal, maka tentukan lama siklus yang terpendek dan juga terpanjang. Setelah itu siklus terpendek tadi dikurangi dengan 18 hari dan juga siklus yang terpanjang dikurang 11, kemudian dua angka yang didapatkan adalah salah satu batasan dari masa subur.

Cara Menentukan Masa Subur Setelah Haid

 


=====================================

>>> Alat Uji Masa Subur Ovutest Scope, Cukup Satu Alat Untuk Seumur Hidup! Hasil 98% Akurat dan Cepat, Lebih Praktis Hanya Dengan Air Liur, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Masa Subur Setelah Haid and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.